Sepuluh Film Indonesia Terbaik Tahun 2009

Setelah Top 10 Movies of 2009, sekarang berdasarkan basis yang sama, gw memberanikan diri menyusun 10 besar film Indonesia terbaik tahun ini dari sekitar 89 + 1 (satu film yaitu Rumah Dara baru akan beredar di bulan Januari 2010) judul film yang beredar sepanjang tahun.

10. Bukan Cinta Biasa

Bukan Cinta Biasa adalah satu film yang mencuri perhatian gw tahun ini. Cerita mengenai hubungan ayah dan anak dalam kemasan yang menarik, segar sekaligus mengharukan, membuat film ini menjadi film yang tidak biasa.

9. Heartbreak.com

Premis yang unik adalah kunci keunggulan film bergenre drama-komedi-romantis ini. Kemasannya tetaplah cute, funny dan tentu saja menghibur ala romcom yang lain, tapi film ini melewati ekspektasi gw karena di eksekusi dengan rapi.

8. Merantau

Dari sebuah genre film yang lama tidak disentuh oleh film maker Indonesia, Gareth Evans melahirkan sebuah film martial arts yang eye candy. Film ini menjadi lengkap oleh kehadiran legenda Christine Hakim yang tampil singkat tapi sangat emosional.

7. Cin(t)a

Cin(t)a berbicara mengenai kekuatan sebuah script yang dibungkus dalam sebuah cerita mengenai percintaan dua orang remaja berbeda latar belakang. Hanya cukup menghadirkan dua orang pemain dengan dialog-dialog yang cerdas, dan film menjadi sangat menarik dan kita hampir melupakan kekurangan pada unsur-unsur teknis.

6. Emak Ingin Naik Haji

Atik Kanser dan Reza Rahadian membangun film produksi Mizan, Emak Ingin Naik Haji, menjadi film yang sederhana, tidak bertele-tele dan murahan ala sinetron-sinetron yang hanya menjual air mata dengan emosi yang terlalu meletup-letup. Film ini mengalir wajar, treatment yang harusnya juga berlaku untuk semua film drama.

5. Rumah Dara (Macabre – International Title)

Film slasher lokal dengan kualitas tidak memalukan. Macabre adalah pencapaian paling tinggi sineas film Indonesia, bahwa film Indonesia pun dapat memiliki production value yang setara dengan karya luar. Menegangkan sekaligus fun menyaksikan Julie Estelle beradu jiwa dan raga dengan Danish dalam scene-scene yang berdarah-darah.

4. Sang Pemimpi

Pendekatan Sang Pemimpi yang berasa lebih real, merupakan peningkatan pengolahan  cerita dari prekuelnya, Laskar Pelangi. Mungkin penonton masih mengeluhkan editing yang tidak bersih, tapi harusnya semua sepakat bahwa perjuangan anak-anak Belitong dalam meraih mimpinya berbalut dengan kecintaan akan figur ayah adalah cerita yang sangat universal dan menyentuh.

3. King

Bulu tangkis adalah olahraga yang sangat lekat dengan masyarakat Indonesia, dan King di bawah bendera produksi Alenia, adalah sebuah pembuktian kalau film maker Indonesia juga sanggup membuat film olahraga yang baik. Katakanlah King memang tidak sebaik Denias, tapi harus diakui bahwa film ini adalah satu dari sedikit film Indonesia yang memiliki kualitas yang baik.

2. Pintu Terlarang (the Forbidden Door – International Title)

Ini adalah adaptasi dari sebuah novel yang…sorry to say…biasa aja, tidak istimewa menurut pendapat gw. Berbanding terbalik dengan novelnya, Pintu Terlarang adalah sebuah film yang cantik di hampir semua sisi. Kredit luar biasa untuk pemain yang tampil cemerlang, set yang memukau, scoring yang inovatif dan tentu saja script yang cerdas.

1. Garuda di Dadaku

Kisah seorang anak kecil yang memiliki mimpi menjadi seorang pemain sepakbola hebat adalah sebuah teladan yang harus ditonton oleh seluruh anak Indonesia. Apa istimewa Garuda di Dadaku garapan Ifa Isfansyah dibanding film lain? Garuda di Dadaku sangat mengejutkan karena ternyata lancar dalam bercerita. Singkat kata ini adalah film yang paling baik eksekusinya tahun ini.

  

Advertisements

4 Comments

Filed under Others

4 responses to “Sepuluh Film Indonesia Terbaik Tahun 2009

  1. febriando

    Wahh ternyata ada yang suka BCB juga 🙂
    kirain cuma saya sendiri aja

    FYI, nanti sore tayang lagi tuh 😀

  2. nanti malam, taon baruan…untung uda ada dipidinya 🙂

  3. ada 2 film yg belom saya tonton, Emak sama Sang Pemimpi. agak sedikit kaget melihat Garuda nangkring di no.1, but well.. i like it too 😀

  4. BCB emang keren,BUKAN FILM BIASA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s